Monday, October 24, 2016

Cara Mempercepat Dan Meringankan kerja RAM di Android

Terlalu banyak menginstal aplikasi dampaknya akan membuat performa device Android semakin menurun. Ujungnya, kenyamanan kamu akan menjadi korbannya karena disebabkan smartphone/tablet yang dipakai bekerja semakin lambat.
Mempercepat Android dengan menghapus beberapa aplikasi yang sudah terinstall didalamnya tentu bukanlah pilihan utama, sebab mungkin saja kamu masih memerlukan aplikasi tersebut.
Jadi bagaimana solusi untuk mempercepat Android tanpa harus menghapus aplikasinya?
Sederhana saja. Caranya yakni dengan mengoptimalkan kerja aplikasi guna mengurangi beban hardware (RAM maupun Internal Storage) device. Adapun beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk hal tersebut diantaranya ialah seperti berikut.

Matikan Beberapa Notifikasi dan Fitur Aplikasi yang Tidak Begitu Diperlukan

Untuk menghemat RAM maka kamu perlu menonaktifkan beberapa notifikasi yang ada di suatu aplikasi. Tidak perlu semua, tapi hanya pada notifikasi dan fitur yang memang tidak kamu butuhkan saja.
Pada aplikasi Facebook contohnya, disitu kamu bisa mematikan beberapa notifikasi yang tidak begitu penting. Masuk ke “Pengaturan Aplikasi > Pemberitahuan” lalu matikan notif tak penting disitu seperti Undangan acara, Permintaan aplikasi dan Kiat Tempat.

Obrolan Messenger Facebook juga bisa dimatikan. Tidak usah kuatir, meski fitur tersebut dimatikan kamu masih akan tetap menerima pesan yang dikirimkan oleh teman Facebook. Selain itu fitur yang boros RAM dari aplikasi Messenger Facebook yakni “Balon Obrolan” juga perlu dimatikan.
Pada aplikasi yang paling boros memakan RAM yakni UC Browser, kamu juga bisa mematikan notifikasi serta widget yang sering aktif di aplikasi tersebut.
Contoh lain pada aplikasi BBM, beberapa notifikasi dan fiturnya juga bisa dimatikan untuk mengurangi beban RAM perangkat.
Agar lebih terasa efeknnya, lakukan hal sama pada beberapa aplikasi lain yang juga dirasa banyak memakan RAM. Tapi selalu ingat, pastikan kamu hanya mematikan notifikasi dan fitur yang memang tidak kamu butuhkan pada suatu aplikasi.

Hapus Cahce/History Pada Beberapa Aplikasi

Aplikasi seperti Instagram sudah pasti akan menyimpan banyak chache atau history yang terus memakan memori penyimpanan internal perangkat. Untuk itu sering-seringlah membersihkan sampah yang dihasilkan oleh aplikasi tersebut, dengan cara masuk ke menu “Pengaturan Ponsel > Aplikasi > Instagram > Penyimpanan”, dari situ hapus “Cache” nya.
Kamu tidak perlu mematikan bloatware yang dirasa penting. Namun untuk bloatware yang tidak ada gunanya, contoh aplikasi Chat On pada perangkat Samsung bisa di mematikan apabila aplikasi tersebut memang tidak kamu butuhkan. Yah dari pada tidak pernah digunakan dan hanya memakan resource perangkat, lebih baik di non-aktifkan saja.






No comments:

Post a Comment